cHi_Qa LuPh

Artikel IPTEK

Posted by cHi_Qa LuPh on 04.04

Palapa C Sebuah Satelit Komunikasi Komputer


Dua generasi satelit Palapa telah diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan saluran komunikasi di Nusantara yang kian hari terasa kian meningkat. Tak terelakkan lagi bahwa satelit komunikasi Palapa telah menjadi inti sistem komunikasi di negara kepulauan terbesar di muka bumi ini. Saat ini penggunaan komputer di Indonesia semakin meningkat. Terbukanya saluran komunikasi jarak jauh antar komputer akan mempercepat pertukaran informasi. Hal ini akan menaikkan produktivitas kerja yang akhirnya akan memperlancar jalannya roda pembangunan.

Mesin pintar komputer telah membuka dimensi baru dalam pemrosesan data maupun laporan-laporan. Percepatan dalam pengiriman data dan laporan antar bagian perkantoran akan meningkatkan efisiensi kerja. Berbagai teknik pengiriman data antar komputer telah pula dikembangkan. Teknik ini pada dasarnya hanya berupa proses pengiriman file-file komputer secara elektronis melalui saluran komunikasi yang ada, seperti telepon atau radio. Berdasarkan prinsip yang sederhana ini, dikembangkan komputer yang dapat berperan sebagai kotak pos-kotak pos elektronis. Kotak pos elektronis berfungsi untuk menerima dan mengirim surat-surat secara elektronis melalui media telepon atau radio.

Khususnya untuk negara kepulauan seperti Indonesia, sistem komunikasi satelit sangat membantu memperlancar hubungan komunikasi. Secara umum ada tiga buah pendekatan dalam menggunakan satelit sebagai sarana penghubung dalam jaringan komputer. Pendekatan pertama adalah dengan menggunakan relay (transponder) dalam satelit. Dua pendekatan lainnya adalah dengan menggunakan komputer dalam satelit untuk memproses informasi yang diterima sebelum dikirim kembali ke bumi.

Label: ,